Penjelasan Kemenkeu Terkait Indikasi Kecurangan Manipulasi Hasil Tes CPNS

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendapatkan protes dari netizen mengenai hasil pengumuman kelulusan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah diumumkan pada Selasa (31/10/2017). Para netizen merasa ada kejanggalan dengan hasil seleksi. Pasalnya banyak yang menilai bahwa yang nilai nya lebih rendah lolos dan yang mendapat nilai tinggi justru tidak lolos. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati segera memerintahkan pihaknya untuk melakukan penyelidikan mengenai apa yang di protes oleh netizen tersebut. Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkeu Hadiyanto menegaskan, tidak ada kecurangan dalam proses seleksi CPNS tersebut. Pasalnya semua proses seleksi dilakukan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemnepan RB).

 

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dibanjiri protes. Banyak CPNS melalui akun media sosial twitter melayangkan berbagai pertanyaan hingga tuduhan kepada akun Kemenkeu @KemenkeuRI.

Salah satu tuduhan yang muncul yaitu kemungkinan kesalahan terhadap hasil kelulusan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kementerian keuangan.

Akun @KemenkeuRI langsung memberikan penjelasan.

Disampaikan kelulusan SKD pelamar formasi umum ditentukan oleh nilai ambang batas (passing grade). Hal ini didasari oleh ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 22 Tahun 2017 tanggal 7 September 2017 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi CPNS Tahun 2017.

Nilai ambang batas untuk tes karakteristik pribadi adalah 143 (nilai maksimal 175), tes intelegensia umum (TIU) 80 (nilai maksimal 150) dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 75 (nilai maksimal 175).

Sementara itu kelulusan SKD pelamar formasi alokasi khusus (lulusan terbaik, putra/putri papua, disabilitas) ditentukan pada pemeringkatan/rangking.

Pertanyaan lainnya adalah peserta dengan nilai tinggi dan memenuhi passing grade tapi tidak lulus SKD, sementara peserta yang nilainya lebih rendah bahkan seharusnya tidak memenuhi passing grade tetapi lulus SKD.

Pihak Kemenkeu menyampaikan dua kemungkinan. Pertama, Peserta yang lulus merupakan peserta jalur alokasi formasi khusus (lulusan terbaik, putra/putri papua, disabilitas). Pada jalur alokasi formasi khusus penentuan kelulusan tidak berdasarkan passing grade SKD tetapi berdasarkan ranking per nama jabatan dan kualifikasi pendidikan (poin 2 dalam pengumuman).

Kedua, kriteria kelulusan dalam formasi alokasi umum di ranking berdasarkan nama jabatan dan kualifikasi pendidikan untuk masing-masing alokasi formasi serta tidak lebih dari 3 kali alokasi formasi (poin 3 dalam pengumuman).

Juga ditanyakan tentang satu jabatan kualifikasi jabatan dan kualifikasi pendidikan dengan formasi yang sama terdapat passing grade yang bernilai sama.

Dijelaskan, apabila pelamar memperoleh nilai SKD sama, maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi secara berurutan mulai nilai Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Jika hasilnya masih sama persis untuk ketiganya, maka akan diluluskan semua.

Kemenkeu juga membantah adanya yang disebut istilah nilai mati. Terkait tes psikologi, akan dilakukan dengan sistem online namun peserta harus tetap datang di lokasi dan jam yang sudah ditentukan pada pengumuman.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2017 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini.


Info CPNS Kemenkeu Terkait



thumbnail Title : Penjelasan Kemenkeu Terkait Indikasi Kecurangan Manipulasi Hasil Tes CPNS Updated : Kamis, November 2, 2017 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Penjelasan Kemenkeu Terkait Indikasi Kecurangan Manipulasi Hasil Tes CPNS CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2017

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2017 khususnya mengenai info CPNS Penjelasan Kemenkeu Terkait Indikasi Kecurangan Manipulasi Hasil Tes CPNS di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.