Pendaftaran Non CPNS Kementerian Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dahulu Departemen Kehutanan, disingkat Dephut merupakan salah satu kementerian di republik Indonesia yang membidangi urusan kehutanan dan perkebunan. Kementerian Kehutanan dalam pembangunan kehutanan sebagai suatu rangkaian usaha diarahkan dan direncanakan untuk memanfaatkan dan mendayagunakan sumber daya hutan secara maksimal dan lestari. Tujuannya adalah untuk memadukan dan menyeimbangkan manfaat hutan dengan fungsi hutan dalam keharmonisan yang dapat berlangsung secara paripurna. Pada bulan November tahun 2015 ini pendaftaran pegawai Non CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali dibuka guna memenuhi kebutuhan pegawai yang saat ini dibutuhkan oleh pihak kementerian terkait.

logo-kementerian-kehutanan

deskripsi gambar : logo kementerian kehutanan

Pendaftaran Non CPNS Kementerian Kehutanan – Pembentukan Departemen Kehutanan bukan merupakan restorasi dari Direktorat Jenderal Kehutanan, melainkan merupakan suatu pembangunan institusi kehutanan melalui pengembangan dan pemanfaatan kondisi dan material yang dimiliki. Hal tersebut sekaligus merupakan jawaban atas kondisi dan permasalahan yang dihadapi selama itu, yang antara lain berupa keterbatasan masalah peraturan perundangan, kepemimpinan dan kebijaksanaan, keterbatasan sarana, personil dan lain-lain. Atas dasar kondisi tersebut kemudian ditetapkan kembali tujuan, misi dan tugas pokok serta fungsi Departemen Kehutanan sebagai landasan pelaksanaan pembangunan kehutanan.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya pada saat meresmikan acara rapat koordinasi dan peresmian anggota Bakti Rimbawan di gedung Kementerian Kehutanan. Acara lima tahunan tersebut menjadi indikator kinerja utama Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kehutanan. Dalam acara tersebut, Siti menyerukan pada anggota Bakti Rimbawan untuk menyelamatkan hutan Indonesia.

”Karena, hutan adalah sumber kesejahteraan dan menyimpan jasa yang dibutuhkan masyarakat seperti air dan kayu,” ungkap Siti Nurbaya selaku menteri Kehutanan ketika berpidato dalam pembukaan acara peresmian anggota Bakti Rimbawan.

Selain itu, Siti juga mengatakan tenaga penjaga hutan sangat dibutuhkan di Indonesia. Apalagi jika melihat kondisi hutan di Indonesia yang marak penebangan dan penjarahan liar.


Detail Formasi Kementerian Kehutanan
:


BAKTI RIMBAWAN TAHUN 2015

 

JabatanKualifikasi PendidikanFormasi
PerencanaanS1- Kehutanan180
Pendamping Pemberdayaan MasyarakatD3-Kehutanan20
S1- Kehutanan28
S1-Pertanian25
Penanaman / RHLS1-Pertanian25
SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan 32 RincianTerlampi32
Pemanfaatan Hasil HutanSMK Kompetensi Keahlian Kehutanan44
Calon PEHSMK Kompetensi Keahlian Kehutanan24
Perlindungan HutanSMK Kompetensi Keahlian Kehutanan92
SurveyorSMK Kompetensi Keahlian Kehutanan121
Formasi Khusus Prov. Papua Barat9

*Lihat rincian jabatan yang tersedia [ DISINI ]


Syarat Pelamar
:

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Persyaratan pendidikan :
    • Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Kehutanan :
      • Fresh graduate
      • Umur maksimal 24 tahun terhitung pada tanggal 1 Oktober 2015 (kelahiran per 1 Oktober 1991 dan sesudahnya).
    • Lulusan D3 Kehutanan :
      • Fresh graduate
      • Umur maksimal 26 tahun (kelahiran per 1 Oktober 1989 dan sesudahnya).
    • Lulusan S1 Kehutanan dan yang serumpun :
      • Fresh graduate
      • Umur maksimal 30 tahun terhitung pada tanggal 1 Oktober 2015 (kelahiran per 1 Oktober 1985 dan sesudahnya).
    • Khusus Lulusan Sarjana Ex. Basarhut/Bakti Rimbawan minimal masa kerja 20 bulan, maksimal 35 tahun terhitung pada tanggal 1 Oktober 2015 (kelahiran per 1 Oktober 1980 dan sesudahnya).
  • Khusus tenaga Petugas Lapangan Gerhan (PLG) dan Petugas Lapangan Kebun Bibit Rakyat (PLKBR) maksimal 40 tahun terhitung pada tanggal 1 Oktober 2015 (kelahiran per 1 Oktober 1975 dan sesudahnya).
  • Siap ditempatkan di seluruh Wilayah Indonesia/NKRI pada tingkat tapak (kecamatan dan desa).


Berkas Lamaran Kerja
:

Pada saat pendaftaran online pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online dan mengunggah (upload) berkas digital atau Hasil SCAN yang disimpan ke dalam 1 (satu) file berbentuk PDF berukuran maksimal sebesar 600 kilobyte (KB) dengan urutan sebagai berikut :

  1. KTP;
  2. Ijazah yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
  3. Transkip Nilai yang digunakan sebagai dasar pelamaran;
  4. Status akreditas Perguruan Tinggi pada kualifikasi pendidikan yang dilamar (khusus pelamar S1);
  5. Surat Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (Khusus Ex. Basarhut/Bakti Rimbawan dengan minimal masa kerja 20 bulan);
  6. Surat Keputusan (SK) Petugas Lapangan Gerhan (PLG) dan Petugas Lapangan Kebun Bibit Rakyat (PLKBR) (Khusus PLG dan PLKBR).
  7. Sedangkan berkas lamaran yang dipersiapkan untuk dikirim via POS yaitu sebagai berikut :
  8. Print Outformulir Pendaftaran online;
  9. Surat permohonan untuk menjadi tenaga kerja bakti rimbawan;
  10. Pas photo ukuran 4 x 6 berwarna berlatar belakang merah (untuk pria) dan berlatar belakang biru (untuk wanita) sebanyak 4 lembar;
  11. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  12. Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir;
  13. Fotocopy Transkrip nilai akademik terakhir yang telah dilegalisir;
  14. Fotocopy legalisir Surat Keterangan Sehat dan tidak hamil dari dokter;
  15. Fotocopy legalisir Surat Keterangan Tata Cara Pendaftaran Kepolisian;
  16. Fotocopy Sampul/lembar judul tulisan ilmiah yang dipublikasikan (jurnal/media massa/media elektronik) sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  17. Fotocopy Sertifikat sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  18. Fotocopy Surat keterangan/piagam yang membuktikan keikutsertaan dalam organisasi sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  19. Fotocopy Surat Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (Khusus tenaga Ex. Basarhut/Bakti Rimbawan minimal masa kerja 20 bulan);
  20. Fotocopy Surat Keputusan (SK) Petugas Lapangan Gerhan (PLG) dan Petugas Lapangan Kebun Bibit Rakyat (PLKBR) sesuai dengan yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran online;
  21. Surat Keterangan pernah Bekerja/Magang/Penelitian;
  22. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (bermaterai);
  23. Untuk perlindungan kesehatan bagi pelamar perempuan tidak sedang mengandung dan bersedia menunda kehamilan selama masa kontrak, dinyatakan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan tidak dalam kondisi mengandung (hamil) dan surat pernyataan pelamar (bermaterai).

Berkas lamaran diatas disusun sesuai urutan di atas kemudian dimasukkan dalam Stop Map berwarna COKLAT, dengan ketentuan :

  • Warna MERAH untuk pelamar S-1,
  • Warna HIJAU untuk pelamar SMK,
  • Warna KUNING untuk Ex. Basarhut/Bakti Rimbawan,
  • Warna BIRU untuk pelamar PLG dan PLKBR

Kemudian di luar stop map ditulis:

  • Nomor registrasi : ….
  • Nama : ….
  • Kualifikasi pendidikan : ….
  • Kode jabatan yang dipilih :
    • Pilihan Pertama : …. (Penempatan – Kode Jabatan)
    • Pilihan Kedua : …. (Penempatan – Kode Jabatan)
    • Pilihan Ketiga : …. (Penempatan – Kode Jabatan)

Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar pada kesempatan seleksi Non CPNS di lingkungan Kementerian Kehutanan ini hendaknya untuk segera menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan seperti surat lamaran pekerjaan, data diri atau CV maupun pelengkap lamaran lain seperti yang kami telah jelaskan diatas, dan jangan lupa dikarenakan pendaftaran seleksi Non CPNS Kementerian Kehutanan ini adalah melalui pendaftaran ONLINE maka maka hendaknya untuk men-scan dokumen-dokumen tersebut untuk dapat di-upload ke portal pendaftaran paling lambat pada hari Senin, 16 November 2015 . Adapun alamat situs pendaftaran adalah sebagai berikut :

http://bp2sdmk.dephut.go.id/

Kemudian berkas lamaran yang dimasukan ke dalam stofmap untuk dapat dikirimkan via POS ke alamat :

Panitia Seleksi Bakti Rimbawan Tahun 2014
Gedung Manggala Wanabakti Blok VII Lantai 12
Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat 10270


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2017 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara "KLIK", tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini.


Info CPNS Honorer Terkait

Info CPNS Kemenhut Terkait

Info CPNS Seleksi Terkait



thumbnail Title : Pendaftaran Non CPNS Kementerian Kehutanan Updated : Kamis, November 5, 2015 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Pendaftaran Non CPNS Kementerian Kehutanan CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2017

Komentar Pengunjung


nerra firdiansyah - November 10, 2015

untuk pengiriman berkas lamaran via pos paling lambat tanggal berapa?

Balas

    cpnskementerian - November 12, 2015

    Pengiriman lamaran paling lambat tanggal 16 November 2016 CAP POS. Ayo segera daftarkan diri anda sekarang juga, semoga berhasil.

abdul rahman S.Kom - November 6, 2015

untuk Sarjana Komputer Boleh tidak ikut mendaftar…

Balas

    cpnskementerian - November 10, 2015

    Untuk sementara hanya terbuka bagi pelamar yang memiliki latar belakang pendidikan dibidang kehutanan.

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2017 khususnya mengenai info CPNS Pendaftaran Non CPNS Kementerian Kehutanan di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.