Pendaftaran CPNS Online Di Website PANSELNAS

Pendaftaran CPNS hanya dilakukan secara terpusat di website resmi panselnas, yakni di http://panselnas.menpan.go.id pada 25-29 Agustus 2014. System ini memungkinkan pelamar untuk memperoleh informasi soal pendaftaran CPNS sekaligus melakukan pendaftaran secara online. Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan pendaftaran CPNS atau calon aparatur sipil negara (ASN) 2014 akan dilakukan dan diumumkan secara satu pintu. Pendaftar CPNS secara nasional akan dilakukan hanya melalui satu website terintegrasi.

Pendaftaran CPNS Online Di Website PANSELNAS

MENTERI PAN-WB Azwar Abubakar

Pendaftaran CPNS Hanya Dilakukan di Situs Resmi Panselnas – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 yang semula dimulai pada minggu ketiga bulan Juli 2014 diundur hingga akhir Agustus. Rekrutmen CPNS kali ini berbeda dengan tahun lalu, lantaran syarat yang dipermudah, diantaranya dihilangkannya syarat SKCK dan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Untuk rekrutmen kali ini pemerintah juga akan memberlakukan sistem informasi dan pendaftaran terpusat. Pendaftar hanya perlu mengakses satu situs saja pada pendaftaran yang dibuka 25-29 Agustus 2014 nanti.

Pendaftaran CPNS Hanya Membutuhkan Nomor Induk Kependudukan. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 ini memang dipermudah. Selain syarat pendaftaran yang dikurangi, jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, calon peserta yang akan mendaftar secara online pun hanya membutuhkan Nomer Induk Kependudukan (NIK) saja. Tahun ini, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui portal  http://panselnas.menpan.go.id.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan proses pendaftaran seleksi CPNS yang terintegrasi. “Pemerintah berupaya mempermudah dan tidak memusingkan pelamar dengan sistem pendaftaran online,” kata Setiawan dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (17/7/2014).

Sementara itu, Direktur Pengolahan Data Kementerian PAN-RB  Iwan Hermanto Soetjipto menuturkan urutan yang harus dilakukan pelamar jika melamar secara online. Pertama, pelamar cukup meng-entry Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan email. Lalu memilih instansi yang dilamar. Setelah memasukkan syarat yang diperlukan, lanjut Iwan, pelamar akan mendapatkan username dan password untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal dari masing-masing instansi. “Tidak bisa mendaftar langsung ke portal instansi masing-masing jika belum mendaftar ke portal nasional,” tegasnya.

Berdasarkan data Kementerian PAN-RB, tahun lalu banyak formasi kosong yang ditinggalkan karena pendaftaran tidak secara online dan terintegrasi. Kekosongan ini terjadi karena para pelamar banyak yang lulus lebih dari satu instansi.

Pada seleksi CPNS 2014 ini, pemerintah berencana akan merekrut 40.000 PNS dan 25.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini. Adapun penerimaan CPNS diperkirakan akan dilakukan pada akhir Agustus mendatang. Hal ini terjadi lantaran adanya kemoloran pada pengajuan foramsi yang dilakukan oleh daerah pada pusat.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pendaftaran CPNS akan diundur hingga akhir Agustus 2014. Namun, perlu ada persiapan-persiapan dari para calon pelamar menjelang pendaftaran tersebut. Prosedur pendaftaran CPNS tahun ini tampaknya tidak jauh berbeda dengan prosedur pendaftaran di tahun sebelumnya.

Sejak 2012, semua prosedur pendaftaran CPNS baik itu untuk pusat maupun daerah dilakukan secara online. Jadi, para pelamar harus paham betul dengan prosedur pendaftaran CPNS secara online ini, karena salah sedikit saja, maka bisa saja lamaran tidak menjadi valid.

Bagi para calon pendaftar yang sudah terbiasa dengan dunia online, mungkin sudah tak menjadi masalah lagi. Namun untuk para pendaftar yang baru saja terjun di dunia online, tentunya masih perlu dipandu agar bisa mendaftar CPNS dengan sukses. Yang perlu diingat betul adalah Pendaftaran CPNS Hanya Dilakukan di Situs Resmi Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id)

Nah, untuk para calon pendaftar yang ingin mengetahui gambaran tentang prosedur pendaftaran CPNS 2014 secara online, berikut panduan lengkapnya :


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2019 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2019 ini.


Info CPNS Daerah Terkait

Info CPNS Kementerian Terkait

Info CPNS Lembaga Negara Terkait

Info CPNS Provinsi Terkait

Info CPNS Pendaftaran Terkait

Info CPNS Seleksi Terkait



thumbnail Title : Pendaftaran CPNS Online Di Website PANSELNAS Updated : Senin, Juli 28, 2014 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Pendaftaran CPNS Online Di Website PANSELNAS CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2019

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Comments are closed.

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2019 khususnya mengenai info CPNS Pendaftaran CPNS Online Di Website PANSELNAS di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.