UKG Mendikbud Fasilitasi CAT CPNS

Pelaksanaan Tes CPNS menggunakan model CAT telah disosialisasikan ke berbagai daerah mulai dari Bandung, Semarang, Bali hingga ke kota Medan oleh Kemenpan selaku instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan seleksi CPNS. Pemerintah memperjelas komitmen dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Berbagai kendala dalam keterbatasan  fasilitas coba disiasati dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Salah satu nya dengan penggunaan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) dari Kemendikbud.

UKG-Kemendikbud

gambar milik : http://menpan.go.id/

UKG Mendikbud Fasilitasi CAT CPNS  – Badan Kepegawai Negara (BKN) sendiri dapat menjangkau 150 titik yang tersedia di seluruh provinsi dan kabupaten/kota, didasari akan keterbatasan fasilitas yang ada di BKN tersebut panitia seleksi nasional (panselnas) memanfaatkan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang tersebar di 336 titik.

Panitia seleksi nasional (panselnas) memanfaatkan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang tersebar di 336 titik

Untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kementerian/Lembaga Panselnas merencakanan 68 titik, 28 titik untuk provinsi dan 390 titikuntuk Kabupaten/kota, “total ada 486 titik  tempat pelaksanaan CAT pada tahun ini”. demikian dijelaskan Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Arizal.

Arizal menambahkan penggunaan fasilitas UKG untuk sistem CAT sendiri baru dilaksanakan pada tahun ini, dan panselnas sedang melakukan pengintegrasian sistem CAT ke fasilitas UKG, “diperlukan masukan dan evaluasi lebih lanjut sebelum pelaksanaan TKD benar-benar dilaksanakan”. Ujarnya.

Ujian TKD sendiri diperlukan untuk mengukur soft competency pelamar. Bobot untuk TKD adalah 60%, dan 40% untuk tes kompetensi bidang (TKB). Materi TKD meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Rencana penggunaan Sistem komputerisasi UKG yang digunakan oleh Kemendikbud untuk membantu pelaksanaan tes CAT CPNS pada tahun 2014 ini memberikan sedikit solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh Kemenpan yang berkaitan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS setidaknya ketersediaan fasilitas berupa komputer dan periperalnya yang digunakan dalam CAT CPNS oleh pihak Kemendikbud yaitu berupa fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) .


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2018 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2018 ini.


Info CPNS CAT Terkait

Info CPNS Kemendikbud Terkait

Info CPNS Anggaran Terkait

Info CPNS Lokasi Terkait

Info CPNS Seleksi Terkait



thumbnail Title : UKG Mendikbud Fasilitasi CAT CPNS Updated : Kamis, Juli 24, 2014 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : UKG Mendikbud Fasilitasi CAT CPNS CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2018

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Comments are closed.

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2018 khususnya mengenai info CPNS UKG Mendikbud Fasilitasi CAT CPNS di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.