CAT CPNS Menghemat Anggaran Negara

Pada tahun ini, tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dilakukan menggunakan sistem komputer “computer assisted test (CAT)”. Sistem ini berbeda dengan sistem tes sebelumnya yang menggunakan kertas untuk soal dan lembar jawaban. Sistem CAT CPNS menggunakan layanan teknologi informasi dalam setiap tahapan tes seleksi CPNS meliputi pendaftaran, proses pelaksanaan tes hingga pengumuman kelulusan peserta tes CPNS. Sehingga dengan penggunaan CAT tersebut diharapkan dapat menghemat anggaran negara dalam penggadaan seleksi calon pegawai negeri sipil.

Tes-CAT-CPNS-Kementerian

gambar milik : http://www.webcpns.com/

CAT CPNS Menghemat Anggaran Negara – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aswar Abubakar menuturkan sebenarnya sistem ini sudah pernah dicoba pada tahun lalu. Namun pada saat itu baru sekitar 84 instansi yang mengimplementasikannya.

“Tahun lalu 25% menggunakan CAT. Tapi tahun ini Insya Allah tahun ini seluruhnya menggunakan sistem CAT. Jadi tes ini bisa dilakukan di provinsi masing-masing, tidak perlu ke Jakarta,” ujarnya saat konferensi pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

“Jadi bukan cuma lebih mudah jika menggunakan CAT ini, tetapi juga lebih dipercaya. Penghematan itu pasti, karena komputernya kan sudah ada, itu kita manfaatkan. Tapi bukan berarti tahun lalu tidak murah,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aswar Abubakar.

Menurut dia, dengan sistem ini bukan hanya membuat proses seleksi CPNS menjadi lebih praktis dan lebih menghemat anggaran, tetapi juga memiliki tingkat transparansi yang lebih baik sehingga lebih terpercaya dari sistem sebelumnya. “Jadi bukan cuma lebih mudah jika menggunakan CAT ini, tetapi juga lebih dipercaya. Penghematan itu pasti, karena komputernya kan sudah ada, itu kita manfaatkan. Tapi bukan berarti tahun lalu tidak murah,” jelasnya.

Azwar mengungkapkan, untuk pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) CPNS, akan dilaksanakan pada 2.304 titik lokasi. Selain memanfaatkan fasilitas milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), CAT ini juga akan menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh Kemendikbud.

“Kemendikbud punya 4.200 titik. Kita akan gunakan fasilitas Kemendikbud yang biasanya digunakan untuk sertifikasi guru. Jadi letak efiensinya disana,” kata dia.

Sementara, Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengatakan untuk menghindari kebocoran soal dan hasil tes, pihaknya bekerjasama dengan lembaga terkait seperti Badan Pengkajian Penerapan Teknologoi (BPPT) dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

“Vendor dan sistemnya dibuat oleh konsorsium yang diawasi BPPT dan Lemsaneg, agar tidak bocor. Sekarang sedang dikerjakan bersama lembaga terkait. Kita dengan ini kita ingin tumbuhkan objektifitas dan tranparansi karena orang langsung tahu hasilnya,” tandas dia.

Berikut alokasi pegawai dalam penerimaan CPNS tahun ini:

  • Alokasi formasi untuk K/L sebanyak 35 ribu orang dimana status PNS sebanyak 20 ribu orang dan PPPK sebanyak 15 ribu orang.
  • Alokasi formasi untuk Pemda sebanyak 65 ribu orang dimana 40 ribu untuk PNS dan 25 ribu untuk PPPK.

Jumlah instansi yang sudah mendapatkan persetujuan prinsip formasi 59 K/L dan 405 Pemda dari 28 provinsi dan 377 kabupaten kota. Sehingga dengan penggunaan CAT CPNS diakui dapat menghemat anggaran negara dalam penyelenggaraan seleksi calon pegawai negeri sipil di seluruh kementerian pusat maupun daerah di seluruh Indonesia.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2017 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara "KLIK", tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini.


Info CPNS ASN Terkait

Info CPNS CAT Terkait

Info CPNS Kementerian Terkait

Info CPNS Provinsi Terkait

Info CPNS Pemda Terkait

Info CPNS Pendaftaran Terkait



thumbnail Title : CAT CPNS Menghemat Anggaran Negara Updated : Kamis, Juli 24, 2014 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : CAT CPNS Menghemat Anggaran Negara CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2017

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Comments are closed.

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2017 khususnya mengenai info CPNS CAT CPNS Menghemat Anggaran Negara di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.