Cara Mendaftar CPNS Secara Online

Perubahan cara pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan secara online memang memberi banyak kemudahn bagi para pendaftarnya. Tetapi hal itu tetap saja menjadi tanda tanya, khususnya kalangan masyarakat yang belum familiar dalam menggunakan internet. Pendaftaran CPNS hanya dilakukan secara terpusat di website resmi panselnas, yakni di http://panselnas.menpan.go.id pada 25-29 Agustus 2014. System ini memungkinkan pelamar untuk memperoleh informasi soal pendaftaran CPNS sekaligus melakukan pendaftaran secara online.

Panduan Pendaftaran CPNS Online

Gambar milik : http://bisnis.liputan6.com/

Cara Mendaftar CPNS Secara Online – Pendaftaran CPNS Hanya Dilakukan di Situs Resmi Panselnas. Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 yang semula dimulai pada minggu ketiga bulan Juli 2014 diundur hingga akhir Agustus. Rekrutmen CPNS kali ini berbeda dengan tahun lalu, lantaran syarat yang dipermudah, diantaranya dihilangkannya syarat SKCK dan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Untuk rekrutmen kali ini pemerintah juga akan memberlakukan sistem informasi dan pendaftaran terpusat. Pendaftar hanya perlu mengakses satu situs saja pada pendaftaran yang dibuka 25-29 Agustus 2014 nanti.

Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan pendaftaran CPNS atau calon aparatur sipil negara (ASN) 2014 akan dilakukan dan diumumkan secara satu pintu. Pendaftar CPNS secara nasional akan dilakukan hanya melalui satu website terintegrasi.

Untuk proses pendaftarannya sendiri tidak mengalami banyak perubahan dibanding tahun lalu. Kolom untuk mengisi identitas beserta informasi pribadi lainnya tetap ada. Tetapi untuk SKCK, Katru Kuning dan Surat Keterangan Sehat tidak dibutuhkan dalam registrasi awal.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun ini ditetapkan, pelamar tidak bisa melamar di lebih dari 1 instansi, tetapi diberi keleluasaan untuk mendaftar maksimal untuk tiga pilihan jabatan dalam satu instansi.

Suwardi mencontohkan, misalnya di tiga unit kerja yang berbeda pada suatu instansi masing-masing membutuhkan sarjana Ilmu Pemerintahan. Maka seorang Sarjana Ilmu Pemerintahan dapat melamar ketiganya, dengan menyebutkan jabatan mana sebagai pilihan pertama, kedua dan ketiga. “Ini supaya penyerapan tenaga kerjanya maksimal. Karena, tahun lalu pernah kejadian 1 orang di terima di 3 instansi sekaligus. Tetapi karena hanya bisa di satu instansi, sehingga 2 jabatan sisanya jadi kosong. Jadi 30% lowongan tahun lalu tidak terisi, padahal biaya untuk perekrutan luar biasa besar,” paparnya.

Tes CPNS kali ini juga menggunakan system CAT, sehingga tidak memerlukan lembar jawab computer. Dalam rangka sosialisasi sitem CAT, panselnas sudah mengadakan sosialisasi dan uji coba CAT di sejumlah universitas.

Berikut adalah cara-cara untuk mendaftar secara online bagi para pelamar CPNS 2014 ini. Pertama, kunjungi situs resmi penerimaan CPNS 2014 di http://panselnas.menpan.go.id. Pelamar cukup memasukkan NIK yang ada di KTP masing-masing. Kemudian mereka juga perlu mengisi form lain seperti nama lengkap, email, dan instansi yang akan dilamar.

Cara Mendaftar CPNS Secara Online

– Berikut ini adalah Cara Mendaftar CPNS Secara Online :

  • Registrasi Pendaftaran CPNS

Registrasi Pendaftaran CPNS nanti akan dilakukan di Portal Website PALSELNAS (Panitia Seleksi Nasional) CPNS 2014 yaitu di http://panselnas.menpan.go.id

Setelah Anda membuka Portal Website PALSELNAS (Panitia Seleksi Nasional) CPNS 2014 http://panselnas.menpan.go.id, silahkan isi formulir pendaftaran yang telah tersedia disana. Setelah mengisi form pendaftaran, secara otomatis data diri anda akan tersimpan pada server panitia CPNS 2014.

Dalam melakukan langkah awal registrasi pendaftaran CPNS secara online ini ada beberapa hal yang perlu anda masukan dalam formulir registrasi CPNS, yaitu :

    • NIK ( Nomor Induk Kependudukan ) atau biasa disebut Nomer KTP anda
    • Nama lengkap anda
    • Alamat Email atau Surat Elektronik (SUREL) yang masih aktif
    • Nama Instansi yang ingin anda lamar pada seleksi CPNS 2014 kali ini.
  • Setelah anda mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia, secara otomatis data diri anda akan tersimpan pada server panitia CPNS 2014 (Palselnas).
  • Pelamar CPNS yang telah mengisi formulir pendaftaran di http://panselnas.menpan.go.id, akan memperoleh Username, Password, Nama Instansi yang dilamar. ( Harap simpan baik – baik data tersebut )
  • Login Sistem,

Pelamar CPNS melakukan login di portal website Instansi yang dituju atau bisa juga login di portal website SSCN BKN yaitu http://sscn.bkn.go.id menggunakan Username dan Password yang telah diperoleh.

  • Melengkapi Formulir Dokumen Pendaftaran CPNS,

Setelah Pelamar CPNS berhasil login silahkan untuk melengkapi data – data formulir dokumen pendaftaran CPNS secara lengkap.

  • Print Out Formulir Registrasi Pendaftaran CPNS,

Setelah Pelamar CPNS selesai mengisi data – data formulir dokumen pendaftaran CPNS secara lengkap, silahkan melakukan pencetakan formulir registrasi pendaftaran CPNS 2014.

  • Proses Verifikasi Administrasi di K/L/D,

Setelah Pelamar CPNS selesai mengisi data – data formulir dokumen pendaftaran CPNS secara lengkap, Tim Panitia akan melakukan verifikasi data yang telah diisi oleh pelamar CPNS.

  • Print Out Kartu Tes Seleksi CPNS,

Setelah Tim Panitia melakukan verifikasi data yang telah diisi oleh pelamar CPNS. Pelamar CPNS yang dinyatakan lulus verikasi segera bisa melakukan pencetakan kartu tes CPNS 2014.

– Berikut ini adalah Gambar Desain Sistem Pendaftaran CPNS Online :

alur sistem seleksi pendaftaran CPNS 2014

Gambar diambil dari : http://sscn.bkn.go.id/

Yang perlu diingat baik – baik bagi para pelamar CPNS yang ingin Mendaftar CPNS Secara Online adalah Setelah pelamar selesai melakukan pendaftaran mereka akan mendapatkan username dan password yang akan digunakan untuk membuka portal pendaftaran online di SSCN BKN di masing-masing instansi. Usahakan untuk menyimpan username dan password itu untuk mempermudah proses selanjutnya. Dikabarkan aka nada 40.000 lowongan PNS tahun ini dengan 25.000 di antaranya adalah lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2016 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara "KLIK", tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2016 ini.


Info CPNS ASN Terkait

Info CPNS Daerah Terkait

Info CPNS Kementerian Terkait

Info CPNS Provinsi Terkait

Info CPNS Berita Terkait

Info CPNS Pendaftaran Terkait



thumbnail Title : Cara Mendaftar CPNS Secara Online Updated : Selasa, Juli 29, 2014 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Cara Mendaftar CPNS Secara Online CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2016

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Comments are closed.

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs Info CPNS Resmi 2016 yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2016 khususnya mengenai info CPNS Cara Mendaftar CPNS Secara Online di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.