Revolusi Mental PNS Indonesia

Pendidikan yang disertai dengan penanaman jiwa patriot dan rasa nasionalisme bagi pegawai negeri sipil merupakan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan, dengan kata lain revolusi mental bagi seluruh pegawai negeri sipil di Indonesia dalam rangka mengembalikan dan memperbaiki sikap dan perilaku pegawai negeri adalah hal yang wajib dilakukan. Sebagai pegawai negeri sipil hendaknya mereka menjadi contoh yang baik bagi masyarakat sekitar, seperti tindakan pulang kantor tidak sesuai jadwal, pergi keluar kantor pada jam kerja tanpa ijin dari instansi mereka. Hal-hal seperti itulah yang kemudian menjadi sorotan publik buruknya pelayanan publik di negara Indonesia. Maka dari itu revolusi mental merupakan hal yang harus diterapkan terhadap seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahaan republik Indonesia.

pns-terjaring-satpolpp

sumber gambar : antaranews

Revolusi Mental PNS Indonesia – Dalam memberikan pelayanan publik, mulai dari pelayanan dasar sampai pelayanan perizinan, aparatur negara harus melakukan secara ikhlas, dan selalu memberikan kemudahan. Jangan ada lagi keluhan masyarakat bahwa pelayanan berbelit-belit, lama, tidak jelas, mahal, diskriminatif dan sebagainya. Kalau masih ada birokrat yang melaksanakan pelayanan seperti itu, atau bahkan tidak memberikan, berarti tidak melaksanakan Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Dalam hal ini, ada sanksi berat, hingga pemberhentian dari jabatan. Karena itu, Yuddy mengajak seluruh jajaran ASN untuk memberikan pelayanan publik dengan baik, berkualitas, dan sedapat mungkin memberikan kepuasan  kepada masyarakat yang dilayani.

Yuddy menjelaskan, dengan pelayanan publik yang baik akan menciptakan persepsi baik yang pada gilirannya akan menumbuhkan keprcayaan masyarakat, baik lokal, domestik maupun masyarakat internasioal. Kepercayaan ini sangat besar maknanya, karena akan mendorong orang luar datang, baik wisatawan, maupun dunia usaha. Wisatawan datang membawa uang untuk dibelanjakan, sehingga menggerakkan perekonomian setempat. Sementara dunia usaha akan menanamkan modalnya, yang pada gilirannya akan membutuhkan tenaga kerja, sehingga mengurangi penganguran, dan kemiskinan. “Karena itu ASN harus mampu berpikir makro dan out of the box, dan selalu responsif terhadap permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat,” tutur Yuddy.

Terkait dengan kawasan Malang dan Batu yang merupakan kota pendidikan dan kota wisata, Menteri menekankan agar pemda lebih kreatif agar tidak ditinggalkan para wisatawan. Kalau wisatawan banyak datang, maka tidak ada alasan bagi industri perhotelan dan restoran untuk marah kepada pemerintah yang membatasi kegiatan pemerintah di hotel-hotel. Dengan demikian, di satu sisi pemerinah bisa melakuan penghematan, tetapi di sisi lain bisa menumbuhkan perekonomian. Kuncinya, birokrat harus memperbaiki kualitas pelayanan publiknya, mulai dari pelayanan dasar sampai pelayanan perizinan.

“Dalam revolusi mental, kita harus mampu mengembalikan semua itu secara proporsional. Apakah rapat harus di hotel, sementara kantor pemerintah yang dibangun dengan uang negara justru dibiarkan tidak dipakai. Ini ironis,” tegas Menteri.

Dijelaskan, pembatasan kegiatan PNS di luar kantor ini bukan dilakukan tiba-tiba, tetapi sudah melalui berbagai analisis dan kajian mendalam. Secara tidak disadari, birokrat sudah terbiasa dengan kegiatan-kegiatan pemborosan keuangan negara dengan rapa-rapat di hotel sejak sekitar 17 tahun lalu. “Dalam revolusi mental, kita harus mampu mengembalikan semua itu secara proporsional. Apakah rapat harus di hotel, sementara kantor pemerintah yang dibangun dengan uang negara justru dibiarkan tidak dipakai. Ini ironis,” tegas Menteri.

Dari sisi penghematan, secara nasioal juga bisa dihitung. Kementerian PANRB dalam tiga bulan saja bisa menghemat Rp 4 miliar. Kementerian ESDM bisa menghemat 12 miliar. Padahal, jumlah kementerian ada 34, Lembaga Pemerintah Non Kementerian ada 28. Belum lembaga setingkat menteri, lembaga tinggi negara, lembaga non struktural, pemeritah provinsi, kabupaten dan kota. Lebih dari 600 instansi pemerintah pusat dan daerah, kalau masing-masing bisa menghemat 2 miliar rupiah saja, maka tidak kurang dari Rp 1,2 triliun bisa dihemat. Dana itu bisa dialihkan untuk pembangunan waduk, pasar, atau fasilitas lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam kesempatan itu Yuddy juga mengingatkan bahwa pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran Menteri PANRB No. 01/2015, yang memerintahkan agar seluruh aparatur negara melaporkan harta kekayaannya paling lambat bulan April 2015. Menurut Menteri, kebijakan ini dilakukan untuk menumbuhkan integritas birokrasi, mulai dari pejabat tinggi hingga staf. “Bukan berarti aparatur negara tidak boleh kaya. Boleh saja kaya, yang penting transparan, sumbernya jelas dan akuntabel, bukan dari hasil korupsi uang negara,” ujarnya.

Sebagai panutan bagi warga masyarakat sekitar memang sebuah tanggung jawab secara tidak langsung bagi pegawai negeri sipil, karena pegawai negeri sipil merupakan pelayan bagai masyarakat karena secara tidak langsung mereka hidup dari uang rakyat. Sehingga apabila pegawai negeri sipil ( PNS  ) tidak dapat disiplin dalam bekerja ataupun hanya memakan gaji buta maka rakyat akan merasa sebagai subyek yang dirugikan. Maka dengan adanya revolusi mental bagi para pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan negara republik Indonesia dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sehingga masayarakat merasa puas dengan apa yang mereka kerjaakan dan mereka merasa tidak dirugikan atas iuran pajak yang dibebankan atas mereka.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2017 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara "KLIK", tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini.


Info CPNS Honorer Terkait

Info CPNS Kemenpan Terkait

Info CPNS PNS Terkait

Info CPNS Verifikasi Terkait



thumbnail Title : Revolusi Mental PNS Indonesia Updated : Senin, Februari 9, 2015 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Revolusi Mental PNS Indonesia CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2017

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2017 khususnya mengenai info CPNS Revolusi Mental PNS Indonesia di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.