Pengumuman Jadwal Seleksi CPNS

Pengumuman jadwal dibukanya seleksi CPNS pada bulan Juli tahun 2015 ini telah dikonfirmasi oleh pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sebagai instansi pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab dalam proses seleksi rekrutmen CPNS di seluruh instansi pemerintah Indonesia. Dalam paparan oleh pak menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi bahwa beliau menginginkan pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2015 ini dilakukan pada bulan Agustus yaitu setelah umat muslim di Indonesia menyelesaikan ibadah puasa Ramadhan, kemudian bagi warga masyarakat yang berkehendak untuk mendaftar silahkan untuk mempersiapkan diri lebih dini untuk menghadapi seluruh tahapan seleksi CPNS tahun 2015 ini mulai dari persiapan menghadapi tes kelengkapan administrasi maupun tes lanjutan ( TKD ).

pelamar-cpns-tahun-2015

gambar milik : kaltim.tribunnews.com

Pengumuman Jadwal Seleksi CPNS – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi merencanakan tes CPNS baik dari pelamar umum maupun honorer kategori dua (K2) digelar Agustus mendatang. Itu sebabnya pemerintah menargetkan penetapan formasi CPNS pada Juli. Kemudian pada saat ini, pemerintah tengah menunggu penetapan kuota CPNS secara nasional untuk kemudian menetapkan jatah masing-masih instansi. Selain itu tetapkan jabatan mana saja yang akan dibuka formasinya, selain layanan dasar, layanan publik, dan nawa cita.

“Kalau Menkeu sudah keluarkan surat persetujuan di bulan ini, kemungkinan Juni sudah bisa dikeluarkan surat edaran kepada seluruh instansi. Setelah itu penetapan formasi akhir Juni sampai Juli. Akhir Juli pengumuman pengadaan dan Agustus dites. Tapi inikan masih tentatif dan bisa berubah,” beber Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB Subowo Djoko Widodo.

“Kalau Pak Menteri menginginkan tes sekitar Agustus, makanya dalam beberapa bulan tersisa ini kami melakukan kerja ekstra agar penetapan formasi bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB Subowo Djoko Widodo di kantornya.

“Kalau Menkeu sudah keluarkan surat persetujuan di bulan ini, kemungkinan Juni sudah bisa dikeluarkan surat edaran kepada seluruh instansi. Setelah itu penetapan formasi akhir Juni sampai Juli. Akhir Juli pengumuman pengadaan dan Agustus dites. Tapi inikan masih tentatif dan bisa berubah,” beber Bowo.

Kalaupun misalnya molor, lanjutnya, pemerintah tetap akan mengejar sebelum Desember. Sebab, batas pengadaan CPNS 2015 adalah akhir tahun. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) masih menggodok e-formasi yang disampaikan sekitar 500 instansi pusat dan daerah.

“Sampai hari ini kami belum mendapatkan informasi berapa instansi yang sudah lengkap data e-formasinya. Saat ini kedeputian SDM Aparatur tengah melakukan penggodokan,” kata Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman.

Meski begitu, Herman memastikan, jadwal seleksi tidak akan bergeser, yakni pada Agustus nanti. Sebab, proses penetapan formasi biasanya tidak memakan waktu panjang bila seluruh persyaratannya terpenuhi.

“Saya belum mendapatkan petunjuk apa-apa dari Pak Menteri, apakah akan mundur atau tidak. Itu berarti, jadwalnya tetap Agustus sesuai harapan beliau,” terangnya.

Tahun ini, KemenPAN-RB mengusulkan kuota CPNS dari pelamar umum dan honorer K2 sebanyak 134 ribu. Hanya saja, kuota tersebut masih menunggu persetujuan Menkeu ini dikarenakan jumlah kuota untuk pengadaan CPNS memperhatikan anggaran dari negara apakah anggaran belanja negara masih cukup untuk membayar setiap kebutuhan sebagai side effect dari bertambahnya jumlah pegawai negeri sipil dan juga kebutuhan yang diperlukan dalam proses seleksi rekrutmen CPNS.

Jadwal seleksi CPNS yang rencananya akan diumumkan pada bulan Juli mendatang memberikan banyak kepastian bahwa tahun 2015 ini masih dibuka kesempatan bagi warga masyarakat untuk mendaftar menjadi pegawai negeri sipil sehingga dengan kepastian informasi ini yang telah disampaikan oleh pihak Kementerian PAN-RB mereka dapat mempersiapkan lebih dini mengenai hal-hal yang nantinya dibutuhkan dalam proses seleksi rekrutmen CPNS tersebut. Jadwal seleksi CPNS yang akan dimulai pada bulan Juli tahun 2015 ini nanti juga akan bertepatan dengan bulan kaum muslim di Indonesia melaksanakan ibadah wajib puasa semoga keberkahan bulan puasa nanti juga memberikan keberkahan bagi para pelamar CPNS.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2016 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara "KLIK", tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2016 ini.


Info CPNS Lembaga Negara Terkait

Info CPNS Provinsi Terkait

Info CPNS Jadwal Terkait

Info CPNS Seleksi Terkait



thumbnail Title : Pengumuman Jadwal Seleksi CPNS Updated : Kamis, Juni 4, 2015 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Pengumuman Jadwal Seleksi CPNS CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2016

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs Info CPNS Resmi 2016 yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2016 khususnya mengenai info CPNS Pengumuman Jadwal Seleksi CPNS di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.