Pendaftaran Seleksi CPNS Diperpanjang

Pendaftaran seleksi CPNS tahun 2018 ini yang sebelumnya akan selesai pada tanggal 10 Oktober 2018 ini akhirnya secara resmi diperpanjang oleh pemerintah, pengumuman ini diperjelas dengan dikeluarkannya siaran pers nomor :  034/RILIS/BKN/X/2018 . Sehingga dengan pengumuman tersebut masyarakat perlu berlega hati, masih bisa banyak waktu untuk melengkapi berkas persyaratan yang belum selesai dilengkapi, seperti legalisir ijazah, SKCK ataupun surat keterangan akreditasi universitas asal pelamar. Perpanjangan ini seperti diberitakan dalam siaran pers dikarenakan pemerintah mempertimbangkan terjadinya banyak bencana di tanah air, seperti terjadinya gempa di Lombok serta terjadinya tsunami di kota Palu beberapa hari lalu.

Pemerintah melalui Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran CPNS via portal SSCN sampai dengan tanggal 15 Oktober 2018 pukul 23:59 WIB. Keputusan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan terkini yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia di antaranya yang terkena dampak bencana, seperti gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta gempa dan tsunami di Sulawesi Tenggara (Sulteng). Keputusan ini sudah disampaikan ke seluruh instansi pembuka rekrutmen CPNS melalui Surat Kepala BKN Nomor K26-30/V141-2/99 perihal perpanjangan masa pendaftaran seleksi CPNS Tahun 2018 usai diputuskan dalam Rapat Panselnas yang berlangsung Selasa, (02/10/2018) di kantor KemenPANRB Jakarta.

jadwal-penerimaan-cpns-2018

Gmabar : Masa Pendaftaran Seleksi CPNS 2018

Selain proses pemulihan daerah terdampak bencana, formasi instansi pembuka rekrutmen CPNS 2018 yang belum terposting secara keseluruhan pada portal SSCN juga menjadi salah satu pertimbangan perpanjangan masa pendaftaran. Hal itu dikarenakan masih ada beberapa revisi formasi oleh KemenPANRB. Selanjutnya, munculnya sejumlah kendala teknis yang dialami pelamar di antaranya belum sinkronnya data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga, juga turut menjadi pertimbangan dengan harapan perpanjangan masa pendaftaran bisa menjadi kesempatan pelamar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ataupun kepada Ditjen Dukcapil. Perpanjangan waktu pendaftaran juga akan dimanfaatkan untuk peningkatan aksesibilitas portal SSCN sehingga dapat makin memperluas kesempatan pelamar mengakses portal SSCN.

Melalui siaran pers tentang perpanjangan masa pendaftaran seleksi CPNS juga disampaikan bahwa ada beberapa perubahan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan CPNS 2018 yang perlu diketahui pelamar. Sebelumnya, akreditasi kampus yang diakui hanya yang diterbitkan oleh BAN-PT. Kini dalam Peraturan Menteri PANRB dengan nomor yang sama, selain akreditasi kampus yang diakui tidak hanya yang diterbitkan oleh BAN-PT namun juga yang diterbitkan oleh Pusdiknakes/LAM-PTKES. Perubahan Permenpan juga mengakomodasi sertifikasi tenaga pendidik yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti.

Per tanggal 3 Oktober 2018 pukul 16.20 jumlah akun yang terdaftar mencapai lebih dari 2,84 juta, 1,12 juta di antaranya telah memilih instansi. Sejumlah 632 ribu pelamar telah menyelesaikan unggah dokumen, 142 ribu di antaranya telah diverifikasi oleh instansi. Dengan diperpanjangnya masa pendaftaran seleksi CPNS ini kemungkinan besar jumlah pendaftar akan lebih banyak lagi yang dapat ditampung, karena seperti yang diketahui beberapa hari lalu juga diinfokan bahwa portal sscn.bkn.go.id mengalami masalah Akses situs tersebut masih menyulitkan bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), terutama saat melonjaknya traffic penggunaan internet di jam – jam padat.

Pendaftaran seleksi CPNS 2018 yang sudah dibuka sejak Rabu tanggal 26/9/2018, meski sudah seminggu dibuka, masih banyak masalah yang dihadapi pelamar selama proses pendaftarannya. Mulai dari kesulitan membuat akun hingga mengunggah file persyaratan. Melalui akun facebook dengan nama @BKNgoid memposting update SSCN 2018 di dalam postingan tersebut memperlihatkan beberapa informasi penting, khususnya bagi peserta yang belum menentukan mana instasi yang akan dipilih. Diberitahukan juga pada pengumuman tersebut sebanyak 58,626 orang pelamar telah diverifikasi oleh instasi. Pada update perpanjangan masa pendaftaran seleksi CPNS ini bahwa pelamar yang telah terverifikasi jauh melonjak dari update dua hari sebelumnya yang hanya sekitar 9.785 orang.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2018 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2018 ini.


Info CPNS BKN Terkait

Info CPNS Info CPNS Terkait



thumbnail Title : Pendaftaran Seleksi CPNS Diperpanjang Updated : Jumat, Oktober 5, 2018 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Pendaftaran Seleksi CPNS Diperpanjang CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2018

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2018 khususnya mengenai info CPNS Pendaftaran Seleksi CPNS Diperpanjang di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.