Pencairan Tunjangan Gaji 13 PNS TNI dan POLRI

Pencairan tunjangan bagi pegawai negeri sipil maupun TNI dan POLRI yang berupa gaji ke 13 merupakan salah satu yang di tunggu – tunggu, dikarenakan pada periode pencairan tunjangan gaji 13 ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dan hari raya Idul fitri. Hal ini disebabkan karena pada bulan tersebut biasanya identik dengan kenaikan kebutuhan sehari – hari mulai dari beras, telur sampai dengan kebutuhan akan berpakaian, sehubungan dengan hal tersebut pemerintah berencana agar pencairan tunjangan gaji 13 pada tahun 2015 ini akan di cairkan pada awal bulan Juli 2015, sehingga diharapkan dengan tunjangan gaji 13 tersebut dapat membantu masyarakat yang berstaus PNS, TNI dan POLRI meringankan mereka dalam memenuhi kebutuhan pada bulan Ramadhan sampai dengan hari raya Idul fitri.

pencairan-gaji-13

Gambar : Gaji ke 13 tahun 2015

Pencairan Gaji 13 PNS TNI POLRI – Salah satu hal yang biasanya dinanti saat bulan Ramadhan adalah tunjangan hari raya atau THR. Di instansi pemerintah tidak dikenal THR, namun Pegawai Negeri Sipil (PNS) boleh bergembira, pasalnya pada bulan Juli mendatang, mereka akan mendapatkan gaji/tunjangan bulan ke-13. Selain itu, anggota TNI, POLRI, pejabat negara, dan penerima pensiun juga berhak mendapatkannya.

“Untuk gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan/tunjangan umum, kemungkinan tanggal 2 Juli sudah cair. Sedangkan untuk tunjangan kinerja disesuaikan dengan mekanisme di masing-masing instansi,” kata Herman Suryatman selaku Ka Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) KemenPANRB.

Dasar pencairan tunjangan gaji ke 13 tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 17/PMK.05/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas dalam Tahun Anggaran 2015 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Angota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan, yang telah dikeluarkan tanggal 22 Juni 2015 lalu.

“Untuk gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan/tunjangan umum, kemungkinan tanggal 2 Juli sudah cair. Sedangkan untuk tunjangan kinerja disesuaikan dengan mekanisme di masing-masing instansi,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) Kementerian PANRB Herman Suryatman di kantornya, Jumat (26/06). Besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 tersebut adalah sebesar bulan Juni 2015.

Tunjangan jabatan yang dimaksud meliputi tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, dan tunjangan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan.

PNS, anggota TNI, anggota POLRI, pejabat negara dan penerima pensiun/tunjangan yang menerima penghasilan gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak, pajak penghasilannya ditanggung pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain pemerintah pusat, pemerintah daerah juga merasakan hal yang sama. “Penghasilan ini merupakan komponen belanja pegawai yang sudah diperhitungkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2015,” tutur Herman.

Herman mengimbuhkan, untuk para pensiunan, uang pensiun yang pembayarannya dilakukan oleh PT Taspen dan PT. Asabri juga akan diberikan pada bulan Juli 2015. “Kepada penerima pensiun, sesuai dengan PMK tersebut, diberikan pensiun bulan ke 13 sebesar pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga dan tambahan penghasilan serta tidak dikenakan potongan asuransi kesehatan,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaanya semoga pencairan tunjangan gaji ke 13 oleh pemerintah tersebut dapat sesuai dengan rencana, tepat waktu dan tidak molor karena tunjangan tersebut sangat berarti bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, TNI, POLRI maupun bagi penerima pensiunan. Hal ini dikarenakan dengan diterimanya tunjangan tersebut dapat meringankan mereka dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan sampai dengan hari raya Idul fitri, kenyataan dengan kenaikan kebutuhan bahan pokok ini bukan hanya dirasakan oleh masyarakat yang beragama islam akan tetapi dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Untuk itu pencairan tunjngan gaji ke 13 pada tgl 2 Juli 2015 besuk dapat berjalan lancar tanpa adanya halangan suatu apapun.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2017 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini.


Info CPNS Kemenpan Terkait

Info CPNS Provinsi Terkait

Info CPNS Anggaran Terkait

Info CPNS Jadwal Terkait



thumbnail Title : Pencairan Tunjangan Gaji 13 PNS TNI dan POLRI Updated : Jumat, Juni 26, 2015 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Pencairan Tunjangan Gaji 13 PNS TNI dan POLRI CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2017

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2017 khususnya mengenai info CPNS Pencairan Tunjangan Gaji 13 PNS TNI dan POLRI di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.