Pembayaran dan Pencairan Gaji Ke-13

Pencairan tunjangan bagi pegawai negeri sipil (PNS) maupun TNI dan POLRI yang berupa gaji ke 13 merupakan salah satu yang di tunggu – tunggu, dikarenakan pada periode pencairan tunjangan gaji 13 ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dan hari raya Idul fitri. Hal ini disebabkan karena pada bulan tersebut biasanya identik dengan kenaikan kebutuhan sehari – hari mulai dari beras, telur sampai dengan kebutuhan akan berpakaian. Selain Gaji Ke -13, pada tahun ini para PNS juga akan menerima Gaji Ke- 14 atau THR. Namun tahun 2016 ini untuk pencairan Gaji ke – 13 dan Gaji ke-14 atau THR ini tidak akan bersamaan, hal ini dikarenakan akan membebani keuangan negera.

pencairan-gaji-13

Gambar : Ilustrasi Pencairan Gaji ke – 13

 

Pembayaran dan Pencairan Gaji Ke-13 – Untuk THR atau yang sering disebut Gaji ke-14 rencananya akan diberikan terlebih dahulu, yakni bulan Juni 2016 ini kepada seluruh PNS, TNI, POLRI, penerima pensiun, penerima tunjangan, kepala daerah hingga Menteri. Kemudian setelah itu gaji ke-13 baru akan diberikan pada bulan Juli.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja membenarkan bahwa hal itu dikarenakan kondisi keuangan negara. “Saat rapat terakhir, disepakati bahwa pembayaran gaji ke-13 dan THR tidak dibayar sekaligus,” ujarnya di Jakarta, Kamis (02/06).

Dikatakan, ketentuan mengenai gaji ke-13 dan THR tersebut dituangkan dalam dua Peraturan Pemerintah (PP). “Saat ini RPP-nya sudah selesai diharmonisasi, dan sudah diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk selanjutnya ditandatangani Presiden,” terang Setiawan.

Dijelaskan lebih lanjut, gaji ke-13 sebesar penghasilan sebulan pada bulan Juni 2016. Untuk PNS, anggota TNI/POLRI meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Sedangkan bagi pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Adapun untuk THR, akan diberikan sebesar gaji pokok. “Namun THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya 50% dari pensiun pokok/tunjangan,” jelas Setiawan.

Jadi buat para PNS yang sudah bersiap-siap menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 secara bersamaan jelang lebaran, harus kembali mengubah rencananya. Pasalnya, pembayaran THR dan gaji ke-13 yang sedianya akan dibayarkan bersamaan, ternyata tidak jadi.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2017 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara "KLIK", tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini.


Info CPNS ASN Terkait

Info CPNS Daerah Terkait

Info CPNS Berita Terkait

Info CPNS Pengumuman Terkait



thumbnail Title : Pembayaran dan Pencairan Gaji Ke-13 Updated : Kamis, Juni 9, 2016 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Pembayaran dan Pencairan Gaji Ke-13 CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2017

Komentar Pengunjung


Belum ada komentar

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2017 khususnya mengenai info CPNS Pembayaran dan Pencairan Gaji Ke-13 di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.