Ingat CPNS Ingat Portal SSCN BKD GO ID

Diumumkan bagi masyarakat yang ingin melamar menjadi CPNS tahun 2018 ini untuk selalu ingat bahwa satu satunya portal halaman website yang digunakan untuk mendaftar adalah di situs SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang dapat diakses via https://sscn.bkn.go.id situs ini untuk sampai saat artikel ini ditulis belum bisa diakses karena memang menurut informasi bahwa situs akan dibuka pada saat dimulainya pendaftaran yaitu pada tanggal 19 September 2018.

CPNS SSCN BKD GO ID

Sebagaimana yang disebutkan dalam Buku Petunjuk Pendaftar Sistem Seleksi CPNS Tahun 2018 disebutkan, langkah pertama yang harus dilakukan para peminat yang akan mendaftar menjadi CPNS adalah membuat akun di portal http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga. Kemudian calon pelamar login ke http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan, mengupload foto swafoto dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Sedangkan untuk dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran masih menunggu konfirmasi lanjut dari pemerintah pusat, dan dokumen atau berkas yang dipersyaratkan untuk pendaftar dari sarjana dan tamatan SMA sederajat juga tak sama. Apabila mengacu pada persyaratan dokumen yang digunakan pada saat rekrutmen CPNS tahun 2017 kemaren adalah sebagai berikut :

Untuk tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut :

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain :

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SLTP
  6. Fotokopi ijazah SLTA

Pelamar juga diharuskan mengisi biodata, memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan yang diminati; dan kemudian menyimpan data yang sudah dicek di Resume dan diklik Kirim. Sebelum di Kirim, pelamar dianjurkan untuk mencek kembali data di Resume untuk memastikan bahwa data tersebut lengkap dan benar, karena setelah di Kirim data tidak bisa diubah lagi.

Selanjutnya, pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018. Jika ada masalah dalam pengisian di portal SSCN, pelamar bisa mengklik helpdesk yang ada di portal tersebut untuk bantuan dan pengaduan.

Segala isian serta pilihan instansi formasi dan jabatan telah tepat, lantaran itu semua TIDAK bisa diubah dengan alasan apapun bila sudah dikirim. Jika sudah yakin, pendaftar dapat menekan tombol “Simpan” dan “Kirim”.

Kemudian untuk perlu diingatkan kembali sebelum mengirimkan seluruh data yang telah terisi, BKN juga mengingatkan agar pelamar kembali memastikan bahwa segala isian serta pilihan instansi, formasi dan jabatan telah tepat, lantaran itu semua TIDAK bisa diubah dengan alasan apapun bila sudah dikirim. Jika sudah yakin, pendaftar dapat menekan tombol “Simpan” dan “Kirim”.

Bila rangkaian tahapan tersebut telah dilalui, pelamar pun bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 untuk kemudian dibawa saat mengikuti proses seleksi CPNS 2018. Karena kartu pendaftaran tersebut adalah bukti bahwa telah melakukan proses pendaftaran melalui situs portal SSCN BKN GO ID.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengemukakan, pihaknya mengantisipasi kemungkinan jumlah peserta seleksi yang bisa mencapai 5 hingga 6 Juta orang dan total pelamar akan melampaui total peserta.

Berdasarkan review seleksi CPNS 2017, jelas Bima Haria, kesulitan update data Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) menjadi kendala terbanyak pelamar. Karena itu, BKN berharap sistem dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) juga siap. Untuk kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018, menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, hingga saat ini direncanakan akan dilaksanakan di 176 titik lokasi.

Lokasi pelaksanaan seleksi ini terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah. Untuk update persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing Instansi sedang menginput seluruh formasi.

Selamat berjuang para fighter CPNS, selamat menikmati sebuah epic career battle paling fenomenal di Indonesia yang kita sebut seleksi CPNS. Semoga apa yang anda cita – citakan tergapai selalu tawakal dan ikhtiar karena hasil apapun yang akan anda dapatkan nanti percayalah bahwa itu semua sudah jadi yang terbaik bagi anda. Karena Allah tidak pernah salah dalam memberikan rejeki kepada manusianya.


Semoga anda dapat berhasil lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, silahkan ikuti juga mengenai informasi CPNS pada tahun 2018 yang terkait dibawah ini, dan info CPNS update terbaru yang telah kami himpun dari sumber terpercaya seperti Kementerian PAN&RB maupun situs berita resmi lainnya. Kami mohon dengan sangat untuk dapat menyebarkan informasi diatas kepada teman dan kerabat anda dengan cara klik tombol "TWEET" atau "SHARE" pada media sosial dibawah ini karena sedikit bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai informasi pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2018 ini.


Info CPNS BKN Terkait

Info CPNS CAT Terkait

Info CPNS CPNS 2018 Terkait

Info CPNS sccn Terkait



thumbnail Title : Ingat CPNS Ingat Portal SSCN BKD GO ID Updated : Senin, September 17, 2018 Posted by : Cpnsinfo Kementerian Summary : Ingat CPNS Ingat Portal SSCN BKD GO ID CPNS Daerah Provinsi Kementerian Lembaga Negara 2018

Komentar Pengunjung


BUDIMAN UMBU LOBU - September 20, 2018

Cara mendaftarnya” bagainana???

Balas

    cpnskementerian - September 22, 2018

    Untuk CPNS tahun 2018 semua pendaftaran diarahkan satu pintu di https://sscn.bkn.go.id .

Vetdianto - September 20, 2018

Jadii kapan buka pendaftaran CPNS 2018 nya tu Min??

Balas

    cpnskementerian - September 22, 2018

    Pendaftaran dimulai tgl 26 September 2018 via situs sscn bkn .

Tentang Situs

Situs cpnskementerian.info merupakan situs informasi resmi yang membahas mengenai informasi seleksi penerimaan rekrutmen Info CPNS Resmi KEMENTERIAN Terbaru Tahun 2018 khususnya mengenai info CPNS Ingat CPNS Ingat Portal SSCN BKD GO ID di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan lembaga negara ataupun informasi yang berkaitan masalah kepegawaian seperti tunjangan maupun birokrasi yang ada di pemerintah, jika info CPNS yang berasal dari situs ini memang bermanfaat bagi anda silahkan untuk meng-copy-paste artikel kami akan tetapi mohon untuk meletakkan link sumbernya yaitu dengan mencatumkan url : http://cpnskementerian.info pada artikel anda.